Tuesday, April 30, 2013

Pendapat mengenai UN 2013 untuk Sekolah Menengah Atas SMA.

                Ujian Nasionall,,,
Kali ini aku bakalan certain pada kalian tentang UN 2013 yang kemaren aku lewati – 15-18 april 2013-  .kayak yang kalian semua denger dan tonton ditelevisi kalau UN 2013 itu ANCUUR banget, terutama UN untuk tingkat SMA. Gimana nggak UN kali ini nggak serempak, ya katanya si perusaahaan yang memenangi tender nggak BERTANGGUNG JAWAB ATAS APA YANG DIAMANAHKAN. Mungkin MASALAH INI kedengarannya sepele, tapikan dampaknya itu sangat merugikan bagi peserta ujian. Aku aja yang mulai UNnya tanggal 15 aja WORRY apalagi yang UNnya diundur.. GAK KEBAYANG…
UN 2013 ituu beda banget sama tahun yang sebelumnya,. Tahun yang sebelumnya itu masih mending cuma 5 paket –palingg ngak satu kelas itu ada yang sama—laah ini 20 paket –malah kabarnya bias lebih dari 20 paket--. Karena zaman sekarang ini udah canggih banget maka barcode pun dipake,, soo kita gak tau paket apa yang kita kerjain. Yang funtasticnyaa soal dan LJUNnya itu nyatuu. Yang jadi kendalanyaa kalo ljunnya rusak,sobek atau basah kita harus ganti soal yang baru dan soal cadangan hanya disediankan hanya  satu untuk setiap bidang studi –misalkan ipa Cuma disediakan satu soal cadangan dan satu utk ips--
Yang lebih parahnya lagi tentang UN2013, yaitu dari mutu  LEMBAR JAWAB UNnya paaraaaaaaah banget. Gimana gakk,, kertasnya itu mudah sobek. Kalo mau ngapus apa yang udah kita lingker diLJUN ittuu,, kita harus kudu mikirrrr 1000 kalii kalo mau ngapus atau palingg nggak kalo memang terpaksa kita harus sangat hat-hati  ya tanggung sendiri akibatnyaaa,, lembar LJUN jadi sobek dan kita harus ganti soal yang lain, itu pun kalo masih trsedia,kalo nggak kita harus nunggu soal dari sekolah lain. What keburruan udah nangis duluan….hhaaahaaahaa……… tapi beneran lohh aku sendiri ngeraasa kalo ljunnya itu poor banget. Pas aku mau ngelingkeri  jawabannya,, nah mungkinaku ngebalank jadinya aku salah ngelingkeri otomatis aku buru-buru ngapus,, ehh gak taunya sampek ngilangi tulisan yg diLJUN. Emang gak sampe bolong,, tapi kan shock gitu masak UN yang merupakan ujian yang rutin diadakan setiap taun tapi LJUN yang sgt mengecewakan kayak gitu. Lembaga yang ngadaain to gratis aja gak kayak gitu LJUNnya.
Yang lebih  mengecewanyakan itu ssoal FISIKA UN . Kecewa,, keceewaaa banget gimana ngggak soalnyaa cinnnn.. SEPEKTA banget. Apa yang aku pelajari beda banget yang aku kerjain disoal UN. Biasanyakan soal UN nya  itu nggak jauh beda dengan soal UN tahun sebelumnya. Emang si kata guru aku,, --bu enda,guru kiimia faforid—soal un tahun ini tu soaal sulit bakal lebih banyak,, dan soal yang mudah bkal dikurangii. Demi apaaaapuunnn jawaban yang yang aku ngggak tau lebihhh banyakkk dari yang kutaaauu. Mungkin hampir stengah dari jumlah soal yang aku kirologiiin. Abis nyelesaain soal fisika aku langgsung nangiisssss.. AKU DROPP BANGET SAAT ITU.. Weeel ternyata gak Cuma aku aja yang nangis temen aku juga ikutan nangis. Walaaupun banyak yang gak nangis,, tapi aku ssangat yaakin kalo mereka ngeedropp juga ngerjainn soal FISIKA ITU.

Selain dari padaa ituuu,,, isu-isu miring ternyata juga beredar. Smula aku ngira kalo un taun ini fiur murni,, tapii bocor juga kaaan. Emang ssih SMA aku nggak sama sekali nyediainn kunci,, taaapii oknum-oknum dari sekolah *bekeeen* dapet. Kaloo dipikir-pikir buat apasih kuncii,, tooh paadaa akhirnya kita masihh juga nyari sendiri jawabannya,,, Kita juga gak taukan bener atau ngggak jawaban itu.
Ntah laaaah kenapa UN yang sangat mengerikan ini terjadi pada tahun 20013,, tahun dimana aku yang menjadi peeserta UN. Tapi positive thinking aja samaaa pemerrintah yang uudaaaah MENGELUARKAN DANA BERMILYAN UNTUK ngadain UN.
SEANDAINYA artikel yang aku buat ini dibaca oleh ORANG-ORANG PENTING aku sebagai generasi muda yang akan meneruskan banggsa ini aku berpendapat kalo seandainya UN yang selau menjadi momok bagi pelajar maasih terus diadakannn,,, biar gak percuma uangg yang dianggar kan untuk UN pertama utamakan KUALITAS LJUN. kedua Soal yang disediakan yang sulit jangan diperbanyak. Ketiga jangan terlalu mematok terlalu tinggi ngka matii Untuk UN. Karena itu memberatkan pelajar,, biarkanlah angka kelulusannya tetap pada 4,00. Karena lebih baik ditanamkan kepribadian yang JUJUR bilakita harus mematok nilai mati yang menjulang. Jika seorang siswa merasa terbebani dengan nilai UN yang dipatok,, maka apa yang telah di prepare nya itu seketika Akan buyar. Bukankan JUJUR itu lebih baik dari pada apapun pak/buk.
AKU MEWAKILI TEMAN-TEMAN SATU KELAS KU--- SANGAT KECEWA DENGAN UN TAHUN 2013. J

No comments:

Post a Comment