Saturday, August 13, 2016

Vocation in Lampung - hari pertama

Lampung..
Menjadi salah satu destinasi liburan singkat selanjutnya. Kali ini liburannya bareng imel, dita, mia, windri dan kk omi (pacarnya windri). Perjalan liburan ini dimulai pada tanggal 4 Agustus 2016, malam.  Untuk menempuh lokasi liburan kali ini, kami pilih dengan naik kereta. Hufft, untuk pertama kali naik kereta lokal dan perjalanan dikereta paling lama yang pernah aku rasain dengan waktu tempuh kurang lebih 10 jam.

Karena Hari berangkat kami bertepatan dengan latian mb, jadinya aku latian dulu dan mutusi berangkat dari mdp. Jdi dari pagi pas mau kemdp (kampus) aku udah prepare bawa barang-barang yang diperluin *udah kayak orang minggat aja aku bawa 2 tas.  Jam nunjukin pukul 19.10, aku udah janjian dengan mia untuk berangkat bareng ke stasiunnya *dengan kata lain nebeng*. Jalanan palembang malem itu lumayan lancar, alhasil aku dengan mia dateng lebih dulu dibanding dengan dita, windri dan kk omi. Beberapa menit nungguin mereka, aku dengan mia ngelirik ada 2 orang pria yang ngeliati kearah kami dengan tatapan yang mencurigakan. Dengan perasaan was-was, aku dengan mia menjauh dari 2 orang tersebut dan menanyakan dengan petugas yang berjaga untuk mendapatkan tiket yang udah dipesan.

Tiket udah ditangan dan orang yang ditunggu pun datang, kami langsung mutusi untuk nunggu di dalam stasiun aja. Suasana di dalam stasiun nyaman, adem dan bersih. Pas distasiun ada insiden cari2 gitu, jadi gini aku awalnya izin cuman mau ketoilet terus karena aku fikir berangkatnya masih lama sembari nunggu aku liat ada musolah jadi aku mutusi langsung solat aja tanpa ngasih tau yang lain. Setelah solat aku ngeliat si mia sama dita lagi mondar-mandir dan tarang ternyata mereka nyariiin aku. Oalaa, ternyata belum apa-apa aku udah buat orang keliungan.

Pukul 20:00, kami mutusi untuk langsung masuk  ke gerbong. Jenis kereta yang kami pilih malam ini, kereta executive. Pas digerbong, Brrr.. dingin euy, full ac. Kursinya bisa diputer, jadi aku, mia,dita duduknya berhadap-hadapan. Bisa ngecas lagi, terus dapet bantal dan selimut.  Ehg pokoknya nyaman, aman dan tentram deh. Yang beruntungnya lagi, ada pramugara gitu *kyk dipesawat*. Pramugaranya manis, awalnya si yang seneng ngeliat pramugaranya itu si mia ama windri ehg tapi malah aku yang kena ledekan mereka *begini lah kalo jomblo, yang seneng siapa yang diledekin siapa*. Sayangnya karena perjalannya dimalam hari jadinya nggak bisa ngeliat suasana diluar. Selama diperjalanan aku kerjaannya makan aja, dari awal keberangkatan sampe jam 11 mlm nggak berenti ngunyah. Sekitar jam12 aku mutusi untuk tidur. Sekitar jam 2 malem aku dibanguni oleh suara imel. Yups imel berangkatnya dari martapura. Imel dateng dan bawa makanan pisang coklat, yippi kembali deh aku ngunyah *tapi tumben-tumbenan aku makan tengah malem, mungkin bawakan laper dan terlalu lama dijalan*.

Sekitar jam setengah 7, kami pun sampe ditempat tujuan. Pas distasiun Bandar lampung, tempat yang pingin disamperi langsung itu toilet. Karena pas jam 5:30,  niatnya pengen wudhu dngan nyaman ehg malah terganggu dgn bau yang menyengat dan diperparah dengan guncangan, rasanya nggak lagi deh buat ketoilet gerbong kalo nggak kepepet atau pas baru2 masuk gerbong. Udah kelar berurusan dengan toilet, kami mutusi langsung kerumah tante imel didaerah teluk *nama tempatnya kampung palembang kalo nggak salah*. Dari stasiun kami jalan sekitar 50 meter, terus naik angkot. Selama diperjalanan, aku liat kalo lampung tu khas banget bangunannya. Jadi setiap ruko atau bangunan pemerintahan atau bangunan apapun itu yang ada dipinggir jalan pasti ada gambar/ukiran mahkota pengantin kayak gitu, trus setiap garasi petokoan dihiasi gambar gajah/ tugu. Kece euy. Pas sampe dipesimpangan deket rumah tante imel kami turun, tepatnya disimpang hotel sriwijaya. Biayanya ongkos angkutan umum hanya dibandrol dengan 4000, ehg mamang angkot nya minta 8000, uhg dasar mamang angkotnya.

Muka lelah 11 jam didalam kereta

Pas diperjalanan ada insiden lucu, kan si mia bawa koper, ehg pas ditengah jalan roda kopernya si mia lepas dan pegangan koper yang untuk dorongnya itu juga lepas. Oala, kejadiannya sama persis sama si fred pas disingapur. Alhasil si mia harus ngangkat kopernya itu *pelajaran ni buat kalian, kalo jalan2 ala kadarnya dalam bahasa kerennya backpaker, jangan coba-coba untuk bawa koper ntar nyesel sendiri*. Nggak terasa selama 24 jam nggak mandi, semua orang pada ngamuk nyuruh aku untuk mandi duluan. Wokeh.. Setelah semua pasukan dan barang2 udah ready untuk dibawa kepahawang, *dengan bantuan tante imel untuk nyari angkot yang bisa disewa untuk kedermaga* kami langsung bergegas menuju angkot *kalo nggak salah tepat jam 11 siang kami berangkat*.

Selama diperjalanan kami dimanjakan dengan pemandangan yang luar biasa kerennya. Kalo dipalembang mana ada pemandangan sekeren ini, yah walaupun sang mentari nggak kala bersemangatnya untuk menyinari. Setelah sampe didermaga, mamang angkot yang bawa kami mencoba untuk bernego dengan salah satu pemilik ketek *perahu*. Gilaaaa, edan banget deh. Nego atau mau ngerampok, masak iya harga untuk nyebrang ke pahawang sampe 1.500.00 trus untuk nginepnya 500 rbu dipahawang dan itu pun nggak termaksud biaya nyewa alat snorkling. Karena kaget dengan harga kapalnya segitu dan nggak berhasil untuk tawar menawar, alhasil kami diajak mamangnya untuk ngunjungi salah satu kenalan yang punya ketek juga. Setelah berunding dengan yang lainnya kami mutusi untuk menunda perjalanan kami ke pahawang. Kami mutusi untuk nginep aja ke hotel yang udah kami booking. Hotel Jazz. Lalu pas diperjalan menuju hotel, si mamang angkot mencoba untuk ngabari pemilik ketek, dan alhamdullilah dari hasil bernego kami dapet murah harga ketek untuk nyebrang sekitar 500 rb dan harga alat snorkling untuk satu orang 45 ribu. Lumayan banget, dari pada yang sebelumnya. Kami pun janjian dengan mamang angkotnya untuk berangkat jam 5, yippi kemungkinan bisa ngeliat sunrise dipantai. Sekedar info kami nyewa angkotnya untuk berangkat ke pahawang dengan harga 170 ribu.

Awalnya kami kira hotel yang kami booking deket banget dengan dermaga. Ternyataa... zonk !!! konyolnya hotelnya itu deket dengan rumah tante imel. Konyol sekonyol, konyolnya. Yah udin la nikmati aja, nggak perlu terlalu disesali. Toh jarang-jarang nginep dihotel dengan biaya 66 ribu / orang (setelah diakumulasi dan dibagi 5). Keceeeee banget, pemandangan yang bisa dinikmati dihotel pas liat ke luarnya. Sumpah rasanya seneng luar biasa, ngeliat pemandangan laut lepas terus kalo kita ngeliat sebelah kanan ada gunung dan sebelah kiri ada bukit. Aku sekamar dengan dita di Kamar no 311, puas deh rasanya nginep disana. Sekitar jam 4 sore kami mutusi untuk keliling hotel, itung-itung ngurangi rasa kecewa gagal berangkat ke pahawang. Pas dipinggir jalan kami liat ada gerobak yang jual minuman, kami pun berhenti dan memesan minuman. Aku, imel, dita dan mia mutusi untuk mesen es kopyor jeruk. Enak tapi sayang manis banget, apalagi harganya itu loh kagak nahan. Masak cuman segelas dihargai 17 ribu. Untuk harga minuman yang pake sari manis, GILA ? kayaknya harganya dinaikin deh, mungkin karena tau kita bukan warga asli lampung.

Beranjak dari tempat jajanan minuman, kami berjelajah nyari atm bri. Lokasinya lumayan jauh.  Mungkin kalo dipalembang nggak bakalan deh mau jalan kaki sejauh ini. Hahahaa... Udah puas jalan-jalan sorenya kami kembali ke penginapan. Pas dipenginapan, kami disuguhi pemandangan yang nggak kalah kerennya dibanding siang tadi. Sunset. Ahg superrr sekalii.... karena nggak mau ngelewati momennya aku sama dita dengan asik foto2, jepret sana jepret sini. Pas dikamar aku sama dita menggila. Kami asik karokean, gimana nggak ada wifi yang bebas diakses jadi kami bisa youtubean dengan bebas.

Pas malamnya kami pun keluar untuk makan malem. Lagi-lagi lokasinya lumayan jauh. Nggak apa lah itung2 ngegembel ditempat orang *hemat ongkos*. Lauknya si simple cuman pecel lele, tapi rasa sambelnya tu wenaak tenan. Karena udah kelelahan dan ngantuk luar binasa, jadinya aku jalannya rada sempoyongan. Pas dijalan kami ketemu lagi dengan mamang angkot. Oala mamang angkotnya ramah pisan. Wkwkwkkww...

Pas malem hari langitnya itu kece banget. Bersih dan menapjukkan, bulan dan bintang bersinar terang benderang. Nikmat tuhan yang mana lagi yang kau dustakan.